Indonesia Open Source Award (IOSA) 2011 merupakan suatu ajang pemberian penghargaan kepada instansi pemerintah, baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota yang telah memulai pelaksanaan proses migrasi dan implementasi open source software di instansinya masing-masing. Penghargaan ini diberikan melalui serangkaian penilaian dan pengamatan di berbagai instansi pemerintah mengenai sejauh mana tingkat pemanfaatan dan pengimplementasian open source software dalam aktivitas organisasinya.

IOSA diselenggarakan pertama kali pada tahun 2010 sebagai bagian dari tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. SE/01/03/M.PAN/2009 tentang “Penggunaan dan Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan Open Source Software (OSS)”. Selain memberikan penghargaan, ajang ini sekaligus untuk memonitor pencapaian pelaksanaan migrasi dan implementasi OSS di masing-masing institusi pemerintah, mengingat batas waktu pelaksanaan migrasi harus selesai pada akhir Desember 2011 mendatang.

IOSA 2011 diprakarsai oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Asosiasi Open Source Indonesia (AOSI), Komunitas Open Source, dan Universitas Gunadarma.

Untuk menjaga keberlanjutan momentum pengadopsian Open Source di kalangan instansi pemerintah, maka pada tahun ini dilaksanakan kembali IOSA 2011. Salah satu dorongan diselenggarakannya IOSA 2011 adalah untuk memonitor sejauh mana implementasi Surat Edaran MenPan dan persiapan tiap instansi pemerintah di dalam menyikapi tenggat waktu dari Surat Edaran tersebut.

DASAR PENYELENGGARAAN

  1. Undang-Undang No. 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
  2. Undang-Undang No. 19/2002 tentang Hak Cipta.
  3. Instruksi Presiden No. 6/2001 tentang Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia.
  4. Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika No. 5/SE/M.KOMINFO/10/2005 tanggal 24 Oktober 2005 tentang kewajiban pemakaian dan pemanfaatan legal software open source/proprietary di lingkungan instansi pemerintah.
  5. Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. SE/01/M.PAN/3/2009 tanggal 30 Maret 2009 tentang pemanfaatan perangkat lunak legal dan open source software (OSS).