Rastra Adopsi Teknolofi Software Nontunai dan Mulai di Salurkan 2018

Rastra Adopsi Teknolofi Software Nontunai dan Mulai di Salurkan 2018

Semakin meningkatkan permasalahan nasional di bidang pangan membuat pemerintah Indonesia khawatir dan berusaha mencari jalan keluar baru. Masalahnya sudah pernah diterapkan beberapa program serta kebijakan khusus, akan tetapi belum juga mampu mengatasi hal tersebut. Malah seiring perkembangan zaman, kondisi perekonomian negara bertambah sulit, seperti adanya kelaparan, rendahnya kualitas kesehatan masyarakat, mahalnya bahan baku pangan dan sebagainya. Salah satu upaya untuk mengatasi hal itu adalah dengan diberlakukannya sebuah software non tunai di bidang bantuan bahan pangan. Ide tersebut juga sudah disampaikan oleh Harzianto selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Wanita, Perlindungan Anak dan Sosial (DPPPAS) di Kabupetan Belitung. Ia sendiri menyampaikan jika pada 2018 ini pemerintahan Indonesia sudah menerapkan teknologi modern dan canggih berupa software untuk mempermudah bantuan pangan non tunai atau PBNT kepada masyarakat luas.

Kemudian ia menyampaikan mengenai tujuan dibentuk serta digunakannya teknologi tersebut yaitu agar penyaluran bantuan berupa pangan bisa berjalan lebih mudah serta cepat. Mengingat sebelumnya bantuan Beras Sejahtera (Rastra) atau disebut juga sebagai Raskin mempunyai proses yang terkesan lamban dan banyak mengalami kendala, contohnya saja keterlambatan pengiriman, kehabisan stok bahan, dan lain sebagainya. Selain itu, Harzianto mengungkapkan kepada awak media apabila PBNT merupakan software yang pertama kali digunakan oleh pemerintah untuk menyalurkan bantuan berbentuk pangan kepada masyarakat khususnya yang kurang mampu. Adanya rencana diberlakukannya software itu sendiri pada bulan Maret akan tetapi kenyataannya mengalami penundaan karena beberapa alasan tertentu. Akhirnya penggunaannya untuk pertama kali dilakukan nanti pada awal bulan April 2018.

Sebelumnya sistem penyaluran yang sudah ditunjuk pemerintah secara langsung adalah pihak perbankan dan ingin menetapkan agen toko atau briling. Lalu briling inilah tempat dimana Bulog mendistribusikan bantuan beras. Untuk menentukan siapa saja agen briling, pihak dari perbankan mempunyai hak serta kekuasaan penuh menilai dan memilih toko tertentu. Meskipun begitu tetap ada persyaratan khusus bagi toko-toko yang nantinya akan menjadi briling, tempat penyaluran bantuan pangan berupa beras tersebut. Harzianto mengatakan agen dominoqq 99 apabila terdapat sekitar 22 agen briling yang telah ditunjuk oleh bank dan pastinya telah melalui tahapan dan lolos semua persyaratan. Meskipun begitu ia sendiri belum mendapatkan informasi secara lengkap mengenai titik atau penempatan dari semua briling.

Dalam hal mendukung masalah ini, Kementrian Sosial akan turut memberikan data penerima bantuan kepada pihak bank. Untuk memastikan data penerima layak atau tidak maka mereka harus minta bantuan dan melakukan koordinasi langsung kepada DPPPAS. Dengan begitu informasi yang didapatkan lebih akurat dan juga valid sehingga memudahkan proses pendataan siapa saja yang sudah menerima bantuan pangan tersebut. Kemudian tahapan selanjutnya yaitu KPM yang telah mendapatkan kartu sebagai penerima bantuan bisa mendatangi agen briling terdekat di daerahnya masing-masing. Setelah itu mereka dapat membelanjakan atau menukar kartu dengan dua jenis barang pangan yaitu telur dan juga beras. Akan tetapi pemerintah memberikan batasan harga yang akan dibeli yakni tidak lebih dari 110 ribu rupiah untuk setiap bulannya. Sistem pembatasan ini sendiri bertujuan agar masyarakat yang menerima bantuan pangan tersebut tidak lantas menjadi serakah sehingga penerima lain juga bisa mendapatkan hak yang sama.

Adanya teknologi software baru dari pemerintah rupanya sangat memudahkan proses menyaluran bantuan berupa bahan pangan seperti beras kepada rakyat Indonesia. Diharapkan kebijakan ini mampu mengurangi permasalahan ekonomi nasional agar bisa membaik tahun demi tahun.

Sumber: http://www.infomenarik-terbaru.com/mulai-2018-penyaluran-rastra-adopsi-software-non-tunai/

Rastra Adopsi Teknolofi Software Nontunai dan Mulai di Salurkan 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *