Warung Masakini Lengkap dengan Software Akuntansi Untuk Catat Penjualan

Warung Masakini Lengkap dengan Software Akuntansi Untuk Catat Penjualan

Siapa bilang penggunaan aplikasi atau software akuntansi hanya bisa dipakai para akuntan ataupun pekerja perusahaan? Ternyata teknologi canggih yang satu ini dimanfaatkan untuk menunjang sistem perekonomian masyarakat, contohnya bisnis Warung Pintar. Investor dari East Ventures kembali meluncurkan proyek baru setelah sebelumnya berhasil dengan mendirikan coworking space bernama EV Hive pada tahun 2015 di Jakarta. Tujuan utamanya sendiri yaitu ingin membuat teknologi dikenal oleh seluruh rakyat Indonesia. Proyek tersebut diberi nama Warung Pintar dimana menggabungkan konsep bisnis kos tradisional dengan pengelolaan keuangan berbasis teknologi canggih. Terdapat tiga pilar penting dalam jalannya proyek tersebut antara lain Internet of Things, big data analytics, serta blockchain yang mana mempunyai tujuan serta arti masing-masing. Untuk Internet of Things atau IoT mempunyai tujuan menciptakan sekaligus mengembangkan akurasi pemasukan data ritel. Kemudian pilar dari big data analytics untuk membuat sistem transparasi dan Kepercayaan kepada seluruh pemilik Warung Pintar.

CEO atau pencetus dari proyek Warung Pintar yaitu Agung Bezharie menerangkan apabila teknologi harus bisa diakses dan dimanfaatkan oleh setiap orang. Oleh sebab itulah warung tersebut dapat menjadi salah satu wadah yang bagus bagi seluruh masyarakat Indonesia agar bisa turut berperan dalam bidang ekonomi digital. Kemudian ia juga menambahkan dengan adanya penerapan teknologi ini, setiap pemilik warung serta para pembelinya mampu memanfaatkan aplikasi atau software akuntansi hasil investasi dari pihak East Ventures. Salah satu contohnya yaitu kasir warung yang menggunakan sistem “MokaPOS” untuk mencatat data keuangan dan akuntansi melalui software akuntansi di internet. Bahkan pembeli diberikan fasilitas lain seperti pembelian pula, tiket, ataupun jenis barang lainnya melalui Kudo atau Kios untuk Dagang Online. Apabila ada yang membutuhkan jasa pengiriman maka dapat menggunakan Do-Cart, pengadaan sistem distribusi dan produk. Ada pula Waresix yaitu tempat mengelola sistem distribusi pada bagian gudang.

Selain karena ingin merakyatkan teknologi modern, tujuan pihak dari Ace Venture membuat Warung Pintar karena masyarakat Indonesia masih awam bahkan belum sepenuhnya mengerti tentang dunia digital. Hal ini dikarenakan banyak orang kurang diedukasi dan mendapatkan pengetahuan mengenai teknologi sekaligus pemanfaatannya. Oleh karena itulah mengapa East Venture melakukan pendekatan secara langsung melalui proyek warung tersebut.

Warung Pintar tidak hanya menyediakan fasilitas berupa platform digital saja melainkan juga dalam bentuk fisik atau nyata, seperti pendanaan, promosi, pemasaran, bahkan pencarian lahan. Willson, selaku managing partner dari East Venture mengungkapkan apabila pihak mereka ingin memberikan dampak besar ke lingkungan sosial dibandingkan mencari keuntungan semata. Dengan begitu bidang teknologi digital seperti pemanfaatan software akuntansi bisa dirasakan oleh semua orang. Masyarakat Indonesia lebih terbantu karena bisa melakukan berbagai kegiatan sehari-hari dengan lebih praktis serta cepat.

Dari mulai berdirinya, ternyata Warung Pintar mendapatkan respon positif sekaligus dukungan dari masyarakat. Bahkan hingga saat ini proyek besar tersebut telah berkembang menjadi delapan warung yang tersebar di beberapa wilayah Jabodetabek. East Venture berpesan kepada setiap pemilik delapan warung tersebut agar mau berkomitmen selama mengelolanya. Yang paling penting adalah mau menekankan kejujuran serta mau merawar sarung-warung tersebut apabila dibutuhkan.

Dengan adanya bentuk aplikasi teknologi digital semacam ini maka kehidupan bidang ekonomi penduduk Indonesia dapat meningkat. Tak hanya mempermudah kinerja akuntansi seperti membuat pembukuan keuangan, struk, catatan, statistik, penggajian, penghitungan untung dan rugi saja. Akan tetapi mereka juga lebih mengenal serta merasakan sendiri manfaat dari penggunaan teknologi digital secara nyata, khususnya software akuntansi.

Sumber: https://tekno.kompas.com/read/2018/01/24/15090067/warung-pintar-kios-masa-kini-yang-pakai-software-pos-dan-akuntansi

Warung Masakini Lengkap dengan Software Akuntansi Untuk Catat Penjualan
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *