Perkembangan Industri ICT (Information Communication and Technology) Nasional maupun Internasional dapat dikatakan mengalami transformasi yang sangat signifikan, ditandai dengan bermunculnya berbagai macam produk ICT. Dengan adanya persaingan dalam dunia bisnis ICT, membuat banyak perusahaan melakukan inovasi dan terobosan baru. Hal ini menandakan adanya perkembangan ICT yang positif dan merupakan peluang bagi pemerintah, Lembaga Pendidikan dan masyarakat umum Indonesia untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan dibidang ICT.

Salah satu usaha yang telah dilakukan pemerintah dalam mendukung perkembangan industri ICT di Tanah Air adalah dengan mendorong penggunaan dan pengembangan produk ICT berbasis Open Source. Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah No. 82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik yang menekankan pada Pasal 8 ayat 1 “Penyedia yang mengembangkan Perangkat Lunak yang khusus dibuat untuk suatu Instansi wajib menyerahkan kode sumber dan dokumentasi atas Perangkat Lunak kepada Instansi yang bersangkutan”.

Sebagai salah satu upaya meningkatkan industri ICT dalam konteks nasional, maka perlu hadir sebuah pemicu sekaligus pemacu agar perkembangan Industri ICT di seluruh wilayah Indonesia dapat terus ditingkatkan. Pencapaian prestasi di Industri ICT yang dilakukan oleh seluruh stakeholder yang terlibat perlu untuk diberikan apresiasi dan penghargaan.

Indonesia Open Source Award (IOSA) merupakan agenda tahunan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mendorong perkembangan Industri ICT Nasional dengan memberikan penghargaan kepada Instansi Pemerintah, Lembaga Pendidikan dan Masyarakat Umum yang telah migrasi dan mengimplementasikan open source software dalam mendukung kebutuhan ICT di lingkungannya. Penghargaan ini diberikan melalui serangkaian penilaian dan pengamatan diberbagai Instansi Pemerintah, Lembaga Pendidikan dan Masyarakat Umum mengenai sejauh mana tingkat pemanfaatan dan pengimplementasian open source software di Indonesia.

IOSA awalnya diselenggarakan pertama kali pada tahun 2010 yang fokus ditujukan sebagai pendorong instansi pemerintah dan lembaga pendidikan dalam penggunaan dan pemanfaatan perangkat lunak legal dan open source software (OSS). Pada IOSA 2013 kali ini target yang ingin dicapai adalah berkembangnya industry ICT nasional dengan pemanfaatan OSS.

IOSA diprakarsai oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Kementerian Ristek, Kemen PAN & RB, Asosiasi Open Source Indonesia (AOSI), Komunitas Open Source, dan Universitas Gunadarma.