Keren Calon Mesin Bensin Tercanggih di Dunia Dengan Teknologi dan Software Terbaru

Otomotif adalah bidang teknologi yang akan terus berkembang dari tahun ke tahun. Oleh karena itu tak heran jika seringkali muncul teknologi dahsyat yang belum pernah ada sebelumnya atau menjadi terobosan teknologi terbaik yang pernah ada. Salah satu contohnya adalah terobosan mesin yang di gadang-gadang akan menjadi mesin tercanggih sejagat.

Mesin bensin mobil tercanggih tersebut yaitu QX50 dengan mesin 2,0 liter 4-silinder berteknologi variable compression turbo (VC-T) yang akan diperkenalkan oleh Jakarta Infiniti di Los Angeles Auto Show. Tentunya hal ini sangat membanggakan karena menjadi simbol kemauan teknologi otomotif dunia, khususnya Indonesia.

Terlebih kemajuan teknologi otomotif ini juga seolah penanda kebangkitan teknologi otomotif Indonesia yang tentunya tak melulu sebagai konsumen namun juga produsen bahkan inisiator alias pembuat teknologi modern tersebut. Terlebih menurut Autonews, mesin bensin yang konon paling canggih di dunia tersebut juga merupakan mesin pertama di dunia yang mengadopsi variable compression.

Calon Mesin Bensin Tercanggih di Dunia

Mengenal Lebih Jauh Mesin Bensin Tercanggih di Dunia

Jarak Main Piston Di Dalam Silinder Hingga 6 Mm

Mendapat julukan sebagai mesin bensin tercanggih di dunia jelas bukannya tanpa alasan. Teknologi mesin bensin ini telah lama dikembangkan oleh Nissan. Sehingga tak heran jika hasilnya pun sangat mengejutkan sekaligus mengagumkan. Teknologi terobosan baru ini seakan memberikan jawaban atau solusi baru yang pastinya bisa membantu kehidupan masyarakat.

Teknologi yang telah Nissan kembangkan selama 20 tahun ini telah dilengkapi dengan perangkat yang dapat mengubah jarak main piston di dalam silinder hingga 6 mm. tentunya ini sangat bagus dan hebat untuk VC-T. hal ini dikarenakan pada mesin biasa alias konvensional, cara kerja rasio kompresi sudah tidak dapat berubah.

Jadi terobosan berubah hingga 6 mm ini tentunya hal sangat hebat. Dan pastinya akan memberikan kenyamanan lebih dalam mobil yang menggunakan mesin yang satu ini. Untuk lebih jelasnya, mesin VC-T ini bisa mengubah jarak bermain piston, yang mengakibatkan kompresi bisa berubah dari rasio 8:1 hingga 14:1. Hal ini tentunya hanya bisa dilakukan di mesin yang memiliki teknologi tinggi seperti ini.
Lebih Efisien Bahan Bakar Sekitar 27 Persen

Hal berikutnya yang seolah menguatkan fakta bahwa mesin ini belum ada di city car terbaik di indonesia sekalipun adalah karena merupakan salah satu mesin yang dianggap sebagai mesin bensin terbaik di dunia yaitu bisa mengefisiensi bahan bakar hingga 27 persen. Ini merupakan angka yang cukup tinggi dan pastilah mengagumkan.

Selain itu, dengan menghemat bahan bakar, tentunya kelestarian sumber daya alam seperti bensin yang terancam punah pada generasi mendatang. Ini seolah memberikan jawaban pula atas banyaknya teknologi ramah lingkungan hingga hemat bahan bakar. Maka pantaslah jika sebutan terbaik dan tercanggih di dunia disematkan kepada mesin ini.

Menurut Shinichi Kiga seorang Nissan chief powertrain engineer berkata bahwa mesin VC-T juga diharapkan bisa lebih efisien bahan bakar dibandingkan QX50s yang mengadopsi mesin 3,7 liter V6. Hal ini tentunya bukan semata harapan karena mesin VC-T sudah dilengkapi teknologi agar bisa mencapai tenaga 268 Tk dengan torsi puncak 390 Nm.

Tentunya dengan teknologi tersebut maka mesin paling canggih ini hanya akan dipasangkan dengan transmisi berjenis CVT yang mana akan memiliki konsumsi bahan bakar 11,05 kpl.
Demikianlah penjelasan mengenai calon mesin bensin tercanggih di dunia ini. Tentunya ini bukanlah batasan akhir sebuah teknologi otomotif. Namun di masa depan juga pasti akan muncul banyak sekali teknologi lainnya yang tentunya tak kalah modern dan tak kalah canggih.

Sumber
http://otomotif.liputan6.com/read/3166517/inilah-calon-mesin-bensin-tercanggih-sejagat-apa-hebatnya

Keren Calon Mesin Bensin Tercanggih di Dunia Dengan Teknologi dan Software Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *