Awal pembentukan dari batu alam karya mahasiswa ini dimulai dari praktikum mata kuliah mahasiswa Politeknik Aceh Selatan atau bisa di biasa disebut dengan Poltas. Para mahasiswa tersebut akhirnya dapat mengolah bagai macam jenis batu seperti bali sandstone tiles, batu mar mar atau juga bisa disebut dengan Batu Gajah menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Selain untuk bahan latihan tentunya masih tersebut menginginkan alasannya yaitu untuk menguasai ilmu pengetahuan mereka. Produk yang sudah dihasilkan telah dipasarkan hingga ke Banda Aceh.

Bahkan pengolahan batu tersebut sudah dianggap sangat mudah oleh para mahasiswa. Tanya didukung oleh ketersediaan peralatan kerja seperti mesin yang cukup namun ketersediaan bahan baku juga melimpah di daerah tersebut. Namun sayangnya pemerintahan Aceh dan juga Pemkab Aceh Selatan melalui kontraktor yang sudah ditunjuk selama ini hanya menggunakan bahan baku tersebut untuk membangun proyek tanggul yang jumlahnya sudah mencapai puluhan ribu kubik.

Baca juga: Aplikasi GPS Pendeteksi Ikan Android

Mahasiswa jurusan teknik industri ini memiliki bekal yang telah diperoleh dari kampusnya sehingga berhasil mengolah batu alam tersebut menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual seperti keramik, meja makan, meja tamu, vas bunga dan masih banyak lagi produk rumah tangga lainnya yang bernilai jual sangat tinggi.

Para mahasiswa juga menjelaskan bahwa bahan batu batu alam yang sudah diolah menjadi berbagai macam produk rumah tangga dibeli dari seorang pengusaha dengan harga yang telah di negosiasi.

Referensi:

Mahasiswa Aceh Membuat Kerajinan Batu Alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *