Setelah diluncurkan dalam soft launching 17 Maret lalu, grand launching Pasar Semarangan akan dikerjakan, Sabtu (7/4). Namun, destinasi digital ini baru dilegalkan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, Pekan (8/4). Dua wahana baru malah disiapkan.

“Grand launching tetap dilakukan Sabtu, lalu pengesahannya Minggu. Dengan grand launching ini, karenanya Pasar Semarangan akan beroperasi secara rutin,” ungkap Koordinator Pasar Karetan, Mei Kristianti, Jumat (6/4).

Ketika soft launching 17 Maret silam, Pasar Semarangan mendapat respons luar lazim. Padahal dalam tahap uji coba, ditambah cuaca hujan, melainkan sekitar 3.000 orang berkunjung ke pasar ini.

Berdasarkan Mei, potensi yang dimiliki oleh Pasar Semarangan sungguh-sungguh besar. “Antusiasme pengunjung amat besar. Mereka bisa rutin ke sini setelah grand launching. Pasar ini konsisten dibuka malam hari,” lanjutnya lagi.

Pasar Semarangan akan beroperasi tiap Sabtu. Tepatnya mulai pukul 15.00 WIB sampai 21.00 WIB. Kemudahan untuk pengunjung juga dikasih. Yakni dengan bis cuma-cuma sebagai aksesibilitasnya.

Dua wahana baru malah siap menyambut pelancong. Yaitu zona ketangkasan air soft gun. Pengunjung bisa belajar fokus menembak dari objek yang sudah disediakan. Pasar Semarangan kian komplit dengan fasilitas panahan.

Baca juga: Ingin Menulis Buku Sendiri? Kini Ada Software Untuk Menulis Buku Kamu Sendiri
Mei mengatakan, wahana baru ini disiapkan untuk memberikan pilihan hiburan bagi para pengunjung.

“Agar lebih menarik lagi, Pasar Semarangan menambahkan air soff gun dan fasilitas panahan. Para pengunjung bisa melatih tenaga konsentrasi mereka. Karena, keduanya sama-sama membidik objek,” kata Mei lagi.

Dikala malam hari, suasana berbeda ditampilkan Pasar Semarangan. Ada live music. Konsep yang dipilih akustikan. Penunjung bisa me-request nyanyian yang diinginkan. Beberapa tarian juga akan diperkenalkan oleh buah hati-buah hati sekolah dasar. “Kami akan memberikan banyak hiburan yang segar bagi pengunjung. Harapannya mereka terkesan,” ujarnya.

Yang terutamanya, pengunjung tak perlu khawatir kalau perut keroncongan. Karena, Pasar Semarangan menyediakan 25 stand kuliner. Menariknya lagi, stand masakan ini mewakili 4 kultur yang betul-betul lekat dengan Kota Semarang. Ada masakan khas Jawa, India, Arab, hingga Belanda.

Mei menjelaskan, segala masakan yang dikenalkan benar-benar nikmat.

“Selain hiburan dan wahana, menu masakan Pasar Semarangan ini betul-betul komplit. Semuanya ada, apalagi merujuk 4 kebiasaan besar di Semarang. Jangan kuatir soal harga karena semuanya murah-murah. Ini sudah murah, rasanya sedap pula,” terang Mei.

Beberapa kuliner unik yang bisa dirasakan, seperti sego kethek, sego jangung, juga sego ambeng. Ada juga nasi lunyu, nasi tedun, hingga sate kremos. Untuk transaksinya, pengunjung seharusnya memiliki Tap Cash Kartu Semarang Hebat. Alternatif alat transaksi non tunai yakni aplikasi Yap (your all pament) yang dikeluarkan oleh Bank BNI.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, optimistis Pasar Semarangan akan berhasil besar usai grand launching.

“Memandang progress saat soft launching, market dari Pasar Semarangan akan cepat terwujud. Jumlahnya juga akan besar. Kini yang diperlukan yakni promosi yang gencar via media sosial. Kami yakin pasar ini akan kencang tumbuh besar seperti Pasar Karetan,” pungkas Menteri Pariwisata Arief Yahya. (*)

 

Sumber:

 

Pasar Semarang: Bayar Semua Kuliner & Wahana dengan Aplikasi Yap (Your All Pament)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *