Terkadang setiap orang merasa rewel jika harus dihadapkan dengan kondisi toilet umum. Walau sudah berada di ujung atau kebelet buang air, tidak sedikit mereka yang justru menahan panggilan alam tersebut untuk mengeluarkannya jika sampai rumah.

Anehnya, mungkin ada beberapa toilet umum yang jaraknya tidak begitu jauh serta terjaga dalam merawat kebersihan. Oleh sebab itu, google menaruh perhatian dalam hal ini.

Sebuah layanan mesin pencari raksasa tersebut berhasil meluncurkan fitur pada aplikasi Maps yang dapat memudahkan pengguna untuk mencari lokasi Kontraktor Partisi Toilet Cubicle / Kubikel Phenolic Premium (SNI) umum dalam jarak dekat. Intinya, fitur ini menyajikan informasi seputar kebersihan toilet seperti apa yang dipaparkan oleh DigitalTrends. Salah satu negara yang menjadi penikmat dari teknologi pencari toilet tersebut yaitu India. Dirilis pada tanggal 15 November dan akan selesai pada tanggal 30 November. Tahap uji coba ini ini merupakan suatu bentuk dari pilot project pada suatu negara.

Pemilihan India sebagai negara pertama juga bukan tanpa alasan. Sebab hampir 70% rumah tanggal yang ada di India tidak memiliki akses untuk menuju toilet. Inilah yang akhirnya dapat menimbulkan masalah pada sanitasi toilet umum karena memiliki kapasitas yang di luar dari ketentuan.

Software khusus yang tersemat pada Maps di negara India ini adalah buah dari kerjasama dengan Google serta jajaran pemerintah dinegara kain sutra tersebut. New Delhi adalah kota pertama India yang menjadi pengguna.

Baca juga: Software Aplikasi Untuk Desain Interior Bangunan Sendiri

Proses penggunaan pencari toilet pada Maps ini sangat mudah, cukup dengan mengetikkan kata “swach” atau “shublabh” maka akan keluar hasil pencarian toilet berdasarkan jarak dan tingkat kebersihannya. Hasil toilet yang ditampilkan pada pencarian tersebut meliputi toilet restaurant, rumah sakit dan pusat perbelanjaan.

Hingga berita ini diturunkan, masih belum jelas kapan aplikasi pencari toilet bersih ini juga dapat diaplikasikan pada Maps negara lain, salah satunya adalah Indonesia. Mari kita tunggu saja.

Sumber:

Aplikasi Pencari Toilet Kini Terintegrasi di Google Maps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *