Di masa yang akan datang kaca spion mobil mungkin akan menjadi barang langka. Ini disebabkan karena adanya teknologi yang mampu menggantikan peran dari kaca spion, yaitu sebuah kamera yang dilengkapi dengan layar serta display software serba futuristik.

Sebagaimana yang dilansir di dalam situs Leftlanenews dan Automotive News pada hari Selasa, jepang telah menyepakati produksi mobil yang dirancang tanpa kaca spion untuk diujicobakan pada jalan raya. Kebijakan baru ini menimbulkan gelora supplier aneka produk teknologi canggih dalam mengembangkan “kaca spion masa depan”.

Terdapat sejumlah supplier yang telah mengakui kesiapannya dalam penerapan mobil tanpa kaca spion. Di antaranya yaitu Robert Bosch GmbH (Bosch) pabrik asal Jerman, serta Ichikoh Industries yang bermarkas di Jepang.

Usut punya usut, Ichikoh Jasa Kaca Tempered (Partisi Kaca, Shower Box, dsb) Bergaransi! saat ini telah menjadi pemasok utama pada komponen kaca spion serta software sistem pencahayaannya. Adapun perusahaan tersebut juga Tengah mengembangkan Smart Rear View Monitor, suatu produk yang di pertama yang mampu menggantikan peran dari kaca spion mobil.

Sistem yang sedang dikembangkan oleh Ichikoh ini menerapkan layar sebagaimana kaca spion interior. Sehingga mampu menampilkan citra yang berasal dari kamera di bagian belakang kendaraan. Pada kaca spion interior ini telah terintegrasi oleh monitor LCD.

Baca juga: 4 Aplikasi Memberikan Ilusi Layar Kaca Handphone Pecah / Retak!

Ichikoh juga mengungkapkan bahwa produksi teknologi tersebut telah berlangsung dan akan segera diintegrasikan pada ada satu dari sekian mobil aplikasi Jepang. Akan tetapi, perusahaan ini masih enggan untuk membocorkan mobil manakah yang akan menerapkan teknologi kaca spion modern tersebut.

Sementara pemerintah Jepang sendiri menilai bahwa mobil tanpa spion ini kaya akan fungsi. Hal yang disorot adalah fungsi utama penerapan mobil tanpa spion yang mampu meningkatkan konsumsi bahan bakar akibat tidak ada drag dari kaca spion bagian luar, adapun lainnya yaitu mampu meningkatkan keamanan karena mobil tanpa spion yang memanfaatkan kamera tidak lagi mempunyai blindspot pada bagian pilar.

Ichikoh memperkirakan bahwa pada 2023 nanti setidaknya ada 29% mobil Jepang yang akan diproduksi tanpa kaca spion konvensional, melainkan dengan kamera. Namun untuk 12% mobil Jepang lainnya tidak lagi memiliki spion samping, seperti halnya mobil pada umumnya saat ini.

Sumber:

Keren! Inilah Teknologi Pengganti Kaca Spion di Masa Depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *